top of page
Search

Apakah BUSA TELUR (acoustic foam) dapat MEREDAMAN SUARA?

Updated: Jul 20, 2021

Kata “PEREDAM SUARA” paling sering disalah artikan (multi-tafsir) di Indonesia.


Dalam bahasa inggris PEREDAM SUARA = SOUND DAMPING, berarti blocking suara / isolate suara supaya tidak bocor / tembus antar ruang. artinya perlu teknik dan material yang menyeluruh utk dapat MEREDAM SUARA dengan baik & benar.


Sedangkan di Indonesia, menempelkan busa di dinding sebagian saja sudah disebut PEREDAMAN SUARA. Padahal istilah yang tepat seharusnya adalah “PENYERAPAN SUARA” (SOUND ABSORB).


Untuk MEREDAM SUARA (Sound Damping /blocking), kita memerlukan lebih dari satu jenis material, karena satu jenis material biasanya hanya efektif untuk meredam di satu area frekuensi. Karena itu diperlukan kombinasi material, yaitu material yang memiliki MASA/ KEPADATAN (seperti rockwool/ mineral fiber/dll) dan juga material yang KERAS / KAKU untuk dapat meredam dengan sempurna. Yang pasti, menempel busa telur di dinding saja (apalagi hanya sebagian area) TIDAK AKAN meredam suara / menahan bocoran suara ke luar ruangan.


Absorbsi Coefisien (tingkat level penyerapan suara) pada Acoustic Foam (busa telur) juga cenderung kecil sekali, yaitu hanya berkisar 0,2 - 0,3 artinya penyerapan suara kurang maksimal, namun hanya cukup efektive di frekuensi tinggi (area suara ucap manusia), sehingga mungkin acoustic foam ini hanya cocok untuk menyerap gema di frekuensi tersebut dan tidak efektif untuk suara rendah , seperti musik.


Untuk mendapatkan hasil natural, diperlukan berbagai panel akustik yang memiliki target di beberapa frekuensi (mulai dari frekuensi tinggi hingga rendah).


ARTCOUSTIC memiliki berbagai tipe panel akustik untuk berbagai frekuensi, dan team engineering kami dapat membantu anda untuk membuat simulasi treatment dalam menentukan jenis & jumlah panel yang sesuai.


Untuk konsultasi seputar panel akustik, bisa menghubungi team ARTCOUSTIC di :0895322265849 (call / WA)


Untuk jasa Konsultasi Akustik professional, bisa menghubungi team SINERGI ACOUSTIC di 0895 7010 67970 (WA only)





48 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page