top of page
Search

Posisi Pemasangan Panel Akustik yang tepat

Updated: Jul 20, 2021

Panel akustik berfungsi untuk menyerap suara & menyebarkan suara , guna mengurangi pantulan dalam ruangan.

Tentu saja suara yang kita dengar itu terdiri dari banyak sekali frekuensi, mulai dari suara frekuensi rendah hingga tinggi. Karena itu kita memerlukan lebih dari 1 jenis panel akustik dengan target frekuensi yang berbeda untuk mendapatkan hasil penyerapan suara yang natural & maksimal. (baca tentang jenis panel akustik disini : link)


Nah lalu dimanakah posisi yang tepat memasang panel akustik tersebut ?

Disini kita akan coba menjawabnya sesuai dengan fungsi ruangan, yaitu :


  1. CRITICAL LISTENING. Posisi pemasangan akustik panel tergantung aplikasi dan fungsi ruangan. Jika ruangan difungsikan untuk Critical Listening dimana titik pendengar adalah terpisah di satu titik ( seperti Studio, Home Audio) maka pemasangan panel akustik harus berfokus menghilangkan pantulan pada sekitar pendengar, yaitu : - Dinding Kanan & Kiri : tempat pantulan pertama terdekat dari speaker - Plafon atas : tempat pantulan pertama terdekat dari speaker (jika tinggi plafon lebih rendah daripada dinding kanan / kiri) - Dinding Belakang : tempat pantulan kedua sekaligus menghindari suara balik yang mengganggu suara asli

  2. GENERAL USE. Untuk kebutuhan umum (general) dimana tidak ada titik pendengar (sweetspot), maka panel akustik dapat dipasang lebih menyebar di segala bidang. Ingat bahwa pemasangan yang tersebar secara merata lebih baik daripada pemasangan panel terpusat karena penyerapan akan lebih merata.


Untuk konsultasi seputar panel akustik dan pemasangan bisa menghubungi team kami di 0895322265849





71 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page